SE Kelengkapan Data AN 2021

Posted on

SE Kelengkapan Data AN 2021 – Berdasarkan surat BSKP Nomor 1178/H/PG.00.02/2022, satuan pendidikan diberikan kesempatan untuk melengkapi data AN 2021, baik satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN, maupun yang sudah melaksanakan ANBK namun data belum lengkap.

Hal ini mengingat pentingnya hasil ANBK 2021 yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan:

Perbaikan pembelajaran dan sebagai baseline untuk perbandingan pada tahun-tahun berikutnya.
Kelengkapan data AN menentukan terbit tidaknya rapor pendidikan satuan pendidikan.

Mekanisme Perbaikan Kelengkapan Data AN 2021

Kelengkapan data AN yang diharapkan dari satuan pendidikan meliputi dua kategori, yaitu hasil AN dari peserta didik dan respon kepala satuan pendidikan dan pendidik pada Survei Lingkungan Belajar. Mekanisme untuk memperoleh kelengkapan data adalah sebagai berikut:

Kelengkapan data hasil AN peserta didik, diperoleh dengan mengikuti AN susulan pada tanggal 21-24 Maret 2021.

  • Daftar satuan pendidikan yang belum melaksanakan AN dan yang sudah melaksanakan namun data belum lengkap dapat diakses melalui laman ANBK, https://anbk.kemdikbud.go.id
  • Satuan pendidikan yang akan mengikuti AN susulan diwajibkan untuk memilih moda pelaksanaan dan mengatur sesi pada laman ANBK mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 10 Maret 2022.
  • Satuan pendidikan yang tidak memilih moda pelaksanaan dianggap mengundurkan diri sebagai peserta AN susulan.
  • Prosedur pelaksanaan AN susulan mengacu pada POS dan Juknis tahun 2021.
  • Jadwal gladi bersih dan pelaksanaan ANBK terlampir.

Kelengkapan data berupa respon dari kepala satuan pendidikan dan pendidik diperoleh dengan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar, melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.

See also  SE dan Juknis SNPDB Tahun Pelajaran 2020-2021

Kami mohon bantuan Saudara untuk melakukan koordinasi dan fasilitasi serta menyampaikan kepada satuan pendidikan informasi tersebut di atas.

Jadwal Pelaksanaan ANBK Susulan Tahun 2022

Keseluruhan proses pelaksanaan AN susulan tahun 2022 direncanakan mulai pada tanggal 14 maret 2022 hingga 24 maret 2022. Proses tersebut mulai dari sinkronisasi gladi bersih, pelaksanaan gladi bersih, sinkronisasi ujian susulan utama, dan pelaksanaan AN susulan utama.

Selengkapnya dapat Anda lihat melalui tabel berikut.

Jadwal Pelaksanaan ANBK Susulan Tahun 2022
Jadwal Pelaksanaan ANBK Susulan Tahun 2022

SE Kelengkapan Data AN 2021 PDF

SE Kelengkapan Data AN 2021 dapat Anda lihat melalui dokumen berikut.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, diharapkan agar semua satuan pendidikan terkait untuk segera melakukan mekanisme yang telah dianjurkan untuk memperoleh data kelengkapan AN susulan tahun 2022.

Demikian informasi singkat mengenai SE kelengkapan data AN tahun 2021 dan mekanisme perolehan data AN susulan tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Sumber: Litbang.kemdikbud.go.id