Rekap Soal Pedagogik P3K 2021 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Rekap Soal Pedagogik P3K 2021 – Pemerintah berencana merekrut 1 juta guru honorer dalam rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang seleksinya akan dilangsungkan pada 2021. Jadwal pendaftaran sampai seleksi P3K ini diberitahukan oleh panitia seleksi nasional pada Januari tahun depan.

Rekap Soal Pedagogik P3K 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan seleksi P3K 2021 dapat diikuti oleh seluruh guru honorer di sekolah negeri maupun swasta. Nadiem mengungkapkan bahwa tidak ada kumpulan yang diprioritaskan guna menjadi P3K pada tahun 2021.

“Jadi, tidak terdapat lagi prioritas, siapa yang lebih duluan. Semuanya boleh memungut tes, yang lulus boleh menjadi P3K,” kata Nadiem di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (25/11/2020), seperti dikutip Antara.

“Jadi saya mesti mengolah pola pikirnya, telah tidak terdapat dahulu-dahuluan lagi,” imbuh Nadiem.

Berdasarkan keterangan dari Nadiem, tes P3K pun akan dilaksanakan secara daring. Sistem seleksi daring memungkinkan semua guru honorer dari semua wilayah Indonesia mudah mengekor tes.

“Semua guru honorer yang ada dapat mengikuti asalkan cocok kriteria menjadi peserta, tergolong yang berusia di atas 35 tahun masih berpeluang mengikuti,” ujar Nadiem.

Dia menambahkan konsep seleksi P3K pada 2021 berfokus untuk menggali guru-guru berbobot | berbobot | berkualitas yang cocok dengan kriteria seleksi. Oleh sebab itu, peserta seleksi ini diberi peluang untuk mengekor tes yang ketat sampai tiga kali.

“Jika tidak berhasil  pada tes kesatu, dapat mengulang tes kedua dan ketiga. […] Semua dapat mengambil [peluang ikut seleksi] pada 2021, bahkan bukan hanya sekali, totalnya tiga kali mengambil, jadi bila gagal, dapat mencoba lagi,” jelas Nadiem.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun menyediakan pembelajaran daring secara berdikari untuk semua guru honorer. “Calon peserta dapat mengasah kemampuannya supaya kemungkinan lulus seleksi lebih tinggi,” lanjut Nadiem.

Namun, dia menegaskan Kemendikbud tidak bakal mengendurkan standar lulus tes P3K. Berdasarkan keterangan dari Nadiem, kementeriannya hendak menyediakan pengajar yang berkualitas untuk anak didik.

Rekap Soal Pedagogik P3K 2021

“Tolong diingatkan lagi masyarakat, ini bukan pelantikan 1 juta guru menjadi P3K. Ini ialah seleksi massal, yang akan diusung menjadi P3K ialah berapa yang lulus dari [tes] itu,” kata dia.

“Kalau yang lulus hanya 100 ribu [dalam seleksi P3K 2021], ya 100 ribu yang jadi, bila yang lulus 500 ribu, maka 500 ribu yang akan diusung jadi P3K,” Nadiem menambahkan.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 mengenai Manajemen PPPK membuka kesempatan kalangan profesional guna menjadi pegawai dengan gaji setara Aparatur Sipil Negara (ASN). Profesional dapat memenuhi Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu.

Adapun pengadaan PPPK untuk memenuhi JF dapat dilaksanakan secara nasional atau tingkat instansi. Pelaksanaannya dapat dilaksanakan oleh panitia seleksi dengan melibatkan bagian dari kementerian yang mengadakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Persiapan Seleksi P3K

Bagi calon pelamar P3K Guru segera persiapkan diri anda untuk mengikuti tes seleksi P3K. Utamanya dalam soal kompetensi professional dan pedagogik. Soal kompetensi professional yaitu soal-soal yang berkaitan dengan latarbelakang pendidikan anda, misalnya soal soal matematika bagi jurusan matematika.

Sedangkan soal pedagogik merupakan soal soal yang berhubungan dengan kompetensi dalam bidang pembelajaran menyangkut metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Termasuk juga bagaimana menyusun perangkat pembelajaran yang cocok bagi peserta didik. 

Berikut ini kami tampilkan rekap soal pedagogik P3K 2021 yang di rangkum dari berbagai sumber. Semoga bemanfaat buat anda semua.

Demikianlah rekap soal pedagogic P3K 2021 yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan membantu persiapan teman-teman untuk mengikuti seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *