Peran Penting Sosial Media Untuk Pembelajaran di Era Digital

Sosial Media Untuk Pembelajaran – Sahabat, pernahkah Sahabat memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran? Jenis media sosial apa yang pernah Sahabat manfaatkan dalam pembelajaran dengan siswa-siswa Sahabat?

Sosial Media Untuk Pembelajaran
Sosial Media Untuk Pembelajaran

Nah, sebelum lebih lanjut membahas tentang media sosial untuk pembelajaran, ada baiknya Sahabat pelajari dulu mengenai konsep media sosial dan perkembangannya. Media Sosial, sering sekali kita mendengar kata media sosial, tapi sebenarnya apa sih media sosial itu ? 

Sosial Media Untuk Pembelajaran

Menurut Hudson (2020) sosial media sebagai sebuah alat yang memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi konten secara cepat kepada khalayak. 

Michael Cross (2013) menggambarkan sosial media sebagai bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. 

Sedangkan menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun diatas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. 

Atau bahasa lainnya media sosial adalah media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet dan teknologi web.

Sahabat apabila kita amati gambar dibawah, kemunculan sosial media seiring dengan perkembangan teknologi web 2.0 yang bersifat user generated content dan memungkinkan penggunanya untuk menjadi active user yaitu pengguna dapat berperan sebagai pembuat konten, berbagi konten, mengunggah konten dan berinteraksi dengan sesama pengguna lain. Fitur-fitur sosial media-pun semakin beragam untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. 

Sosial Media Untuk Pembelajaran

Sahabat, media sosial yang kita kenal beragam jenisnya dan masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Secara garis besar, jenis-jenis media sosial, meliputi:

  1. Relationship and Media Sharing Networks,
  2. Social Publishing Platform (blog dan microblog),
  3. Interest-based networks,
  4. Online Review and Discussion Forum

Karakteristik media sosial meliputi: Kualitas, Jangkauan, Frekuensi, Aksesibilitas, Interaktifitas, Segera, Tidak permanen, Identity, Conversation, Relationship, Sharing, Presence, Reputation,Group

Strategi Pemanfaatan Sosial Media Untuk Pembelajaran

Penggunaan media sosial bisa semakin memudahkan dalam proses pembelajaran .Lewat sosial media para pelajar secara aktif bisa lebih kreatif dan mandiri sehingga kualitas pembelajaran bisa semakin meningkat baik dari segi pengetahuan maupun kualitas.

Sementara cara menggunakan media sosial agar bisa semakin memicu kualitas para pelajar adalah dengan memanfaatkan berbagai macam kemudahan komunikasi serta informasi yang dimiliki oleh media yang berhubungan. 

Sosial Media Untuk Pembelajaran

Beberapa media yang sudah banyak digunakan dan bisa menjadi salah satu pemicu kualitas belajar dalam mendapatkan informasi adalah facebook, twitter, youtube, blog dan lainya yang telah disebutkan sebelumnya. 

Langkah pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran, meliputi: menentukan topik, menentukan jenis sosial media, dan menetapkan tujuan.

Strategi pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran:

  1. setelah menentukan topik dan jenis sosial media maka buatlah rancangan visualisasi dari topic tersebut,
  2. implementasikan dalam model pembelajaran tertentu misalnya project based learning dansebagainya
  3. terapkan netiket dan etika bermedia sosial saat memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran

Sahabat, media sosial merupakan media yang bisa digunakan untuk berbagai hal, baik untuk kepentingan positif maupun negatif semua tergantung dari si pemakai. Ibarat pisau bermata dua apabila kita tidak berhati-hati dalam pengunaannya maka akan berdampak negatif bagi diri sendiri atau lingkungan sekitar, oleh karena itu kita haruslah bijak dalam pemanfaatan sosial media. 

Sosial Media Untuk Pembelajaran

Salah satu hal positif dalam pemanfaatan sosial media adalah untuk pembelajaran, informasi edukasi dan menyebarkan ajakan positif lainnya. Silahkan Sahabat simak video berikut untuk mengetahui gambaran pemanfaatan sosial media secara bijak.

Tips bijak dalam pemanfaatan sosial media antara lain gunakan sosial media untuk hal yang positip misalnya untuk pembelajaran dan menyebarkan informasi positip serta hindari untuk memberikan informasi pribadi misalnya nomor telepon dan alamat rumah.

Demikianlah informasi terkait dengan peranan sosial media dalam pembelajaran di era modern sekarang ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *