Pengumuman Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan

Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja mengeluarkan surat pengumuman hasil seleksi akademik pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan yang dilaksanakan pada tahun 2019. Meskipun hasil pengumuman baru keluar, tentunya ini menjadi angin segar bagi para peserta PPG yang dinyatakan lolos seleksi akademik.

Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG

Pendidikan profesi guru merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan pofesi guru sehingga peminat tiap tahunnya sangat banyak. Namun calon peserta harus memnuhi beberapa persyaratan dan tes yang ditetapkan oleh kemendikbud.

Dengan hormat kami sampaikan, menindaklanjuti pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan tahun 2019 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) di seluruh Indonesia, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

  1. Pelaksanaan  seleksi  akademik  PPG  Dalam  Jabatan  pada  tahun  2019  diikuti  oleh 206.700 guru.
  2. Dari   hasil   seleksi   akademik   tersebut   sejumlah   29.518   guru   dinyatakan   lulus sebagaimana daftar rekapitulasi pada lampiran 1.
  3. Hasil kelulusan seleksi akademik dapat dilihat pada laman ppg.kemdikbud.go.id mulai tanggal 10 Februari 2021. Tata cara login bagi guru, Dinas Pendidikan dan LPMP pada lampiran 2.
  4. Bagi  guru  yang  dinyatakan  lulus  seleksi  akademik,  tahapan  selanjutnya  yaitu melakukan seleksi administrasi.

Berkenaan  dengan  hal  tersebut,  kami  mohon  bantuan  Saudara  untuk  menyampaikan informasi di atas kepada guru-guru dimaksud sesuai kewenangan masing-masing. Adapun pelaksanaan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2021 akan diinformasikan selanjutnya.

Tata Cara Login di Aplikasi SIMPKB 

A.  Panduan Pencarian Nomor UKG

Berikut ini merupakan persyaratan dan langkah yang dilakukan bagi para Guru / Kandidat untuk mencari informasi nomor UKG:

  1. Pastikan Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.
  2. Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2×24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB.
  3. Cari dan aktivasi akun SIM-PKB Anda melalui laman  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  4. Masukan nama, propinsi, dan kota Anda kemudian silakan klik tombol CARI GTK
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  5. Selanjutnya gulir kebagian bawah laman untuk melihat hasil pencarian, dan silakan lihat nomor UKG seperti pada gambar dibawah ini.
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG

B. Panduan Registrasi Akun SIM-PKB

Untuk dapat masuk dan mengikuti Program Banpem S1, Kandidat / Guru wajib memiliki akun SIM-PKB. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk registrasi akun SIM-PKB :

  1. Akses laman  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ dan klik Registrasi Akun GTK
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  2. Selanjutnya   silakan   lengkapi   data Nomor   Peserta   UKG dan Tanggal   Lahir Anda serta  klik konfirmasi  “Saya  bukan  robot”.  Jika  sudah  silakan klik  tombol REGISTER
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  3. Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui & Cetak
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  4. Lakukan   cetak   dokumen   pemberitahuan   Akses   Layanan   dengan klik   tombol Save atau Simpan / tombol berwarna biru (Sesuai pengaturan browser Anda)
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG

C. Panduan Login ke dalam SIMPKB

SIMPKB  merupakan  salah  satu  layanan  yang  digunakan  oleh  Kemendikbud  guna melakukan manjemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan pada Guru dan Tenaga Kependidikan dalam naungan Kemendikbud. Untuk dapat mengakses atau login kedalam SIMPKB Anda terlebih dahulu harus terdaftar dalam SIMPKB, apabila Anda belum terdaftar dalam  SIMPKB  silakan  ikuti  langkah  langkah  registrasi yang  telah  dijelaskan pada  poin  nomor  2.  Setelah  Anda  terdaftar  dalam  SIMPKB  selanjutnya  Anda  perlu melakukan login :

  1. Akses laman  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  2. Pada laman portal akan ditampilkan program-program yang terdapat dalam layanan SIMPKB, program-program yang dimaksud seperti PPG Dalam Jabatan dan Prajabatab, Guru Penggerak, Guru Berbagi, dsb. Untuk login sebagai GTK ataupun Admin (Admin Pusat,   LPMP,   Dinas   Pendidikan,   dsb)   silakan   klik   pada   tombol Masuk di bagian SIMPKB – Admin / Personal.
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju laman login, silakan masukkan alamat surel dan kata sandi dari akun SIMPKB Anda kemudian Klik Masuk
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  4. Apabila surel dan kata sandi yang Anda masukkan telah sesuai,  maka Anda akan diarahkan menuju laman beranda dari Akun SIMPKB Anda. Sampai pada tahapan ini Anda telah berhasil melakukan login kedalam SIMPKB, pada laman beranda SIMPKB juga akan dimunculkan notifikasi pengumuman yang sedang aktif (perhatikan gambar).
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  5. Selanjutnya Anda dapat mengakses menu-menu yang tersedia sesuai dengan hak akses yang dimiliki
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  6. Sebagai contoh Admin LPMP ingin mengaksess Ajuan PPG pada SIMPKB, Silakan klik pada card Kelola Ajuan PPG.
    Hasil Seleksi Akademik Peserta PPG
  7. Anda Akan diarahkan menuju laman kelola ajuan PPG

Berikut surat lengkap tentang pengumuman hasil seleksi PPG (pendidikan profesi guru) dalam jabatan tahun 2021.

Itulah informasi terkait dengan pengumuman hasil seleksi akedemik peserta PPG 2021. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *