Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik PPPK 2021

Posted on

Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik PPPK

Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta DidikModul belajar mandiri PPPK yang dikeluarkan oleh Kemedikbud salah satunya adalah pembelajaran mengenai karakter peserta didik. 

Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik

Calon guru diharapkan mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian.

Pengertian Karakteristik Peserta Didik

Apa itu karakteristik peserta didik? Karakteristik berasal dari kata karakter yang berarti ciri, tabiat, watak, dan kebiasaan yang dimiliki oleh seseorang yang sifatnya relatif tetap. Karakteristik peserta didik dapat diartikan keseluruhan pola kelakukan atau kemampuan yang dimiliki peserta didik sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan, sehingga menentukan aktivitasnya dalam mencapai cita-cita atau tujuannya. 

Informasi terkait karakteristik peserta didik sangat diperlukan untuk kepentingan-kepentingan dalam perancangan pembelajaran.

Ragam Karakteristik Peserta Didik

Pemahaman karakteristik peserta didik sangat menentukan hasil belajar yang akan dicapai, aktivitas yang perlu dilakukan, dan assesmen yang tepat bagi peserta didik. Atas dasar ini sebenarnya karakteristik peserta didik harus menjadi perhatian dan pijakan pendidik dalam melakukan seluruh aktivitas pembelajaran. Karakteristik peserta didik meliputi:

Etnik

Negara Indonesia merupakan negara yang luas wilayahnya dan kaya akan etniknya. Namun berkat perkembangan alat transpotasi yang semakin modern, 

maka seolah tidak ada batas antar daerah/suku dan juga tidak ada kesulitan menuju daerah lain untuk bersekolah, sehingga dalam sekolah dan kelas tertentu terdapat multi etnik/suku bangsa, seperti dalam satu kelas kadang terdiri dari peserta didik etnik Jawa, Sunda, Madura, Minang, dan Bali, maupun etnik lainnya.

See also  Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) PPPK 2021 Online

Kultural

Budaya yang ada di masyarakat kita sangatlah beragam, seperti kesenian, kepercayaan, norma, kebiasaan, dan adat istiadat. Peserta didik yang kita hadapi mungkin berasal dari berbagai daerah yang tentunya memiliki budaya yang berbeda-beda sehingga kelas yang kita hadapi kelas yang multikultural.

Status Sosial

Peserta didik pada suatu kelas biasanya berasal dari status sosial- ekonomi yang berbeda-beda. Dilihat dari latar belakang pekerjaan orang tua, di kelas kita terdapat peserta didik yang orang tuanya wira usahawan, pegawai negeri, pedagang, petani, dan juga mungkin menjadi buruh. 

Dilihat dari sisi jabatan orang tua, ada peserta didik yang orang tuanya menjadi pejabat seperti presiden, menteri, gubernur, bupati, camat, kepala desa, kepala kantor atau kepala perusahaan, dan Ketua RT.

Minat

Minat dapat diartikan suatu rasa lebih suka, rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Atas dasar hal tersebut sebenarnya minat seseorang khususnya minat belajar peserta didik memegang peran yang sangat penting. Sehingga perlu untuk terus ditumbuh kembangkan sesuai dengan minat yang dimiliki seorang peserta didik.

Selengkapnya mengenai Modul Belajar Mandiri PPPK materi Pedagogi karakter Peserta didik dapat anda download melalui link berikut ini.

Download Modul Belajar Mandiri Pedagogik PPPK Karakter Peserta Didik [DISINI]

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik PPPK yang dapat kami bagikan. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membantu dalam mengerjakan soal tes seleksi CASN PPPK. Baca Juga : Modul Belajar Mandiri Pedagogik Teori Belajar.

See also  Tata Cara Pendaftaran Calon ASN PPPK Guru