Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran PPPK 2021

Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran – Salah satu kemampuan pedagogik yang harus dikuasai oleh seorang guru adalah kemampuan untuk mendesain pembelajaran. Desain pembelajaran yang dikembangkan perlu diperhatikan langkah-langkah yang sistematis yang mengajak guru untuk merunut alur desain pembelajaran. Kompetensi guru pada Pembelajaran desain pembelajaran adalah guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.

Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Desain Pembelajaran

Setelah mempelajari modul pembelajaran desain pembelajaran, diharapkan:

1.  Guru mampu menganalisis kompetensi dasar;

2.  Guru mampu menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar;

3.  Guru mampu menentukan IPK;

4.  Guru mampu mengembangkan pembelajaran; dan

5.  Guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran.

Uraian Materi Desain Pembelajaran

1. Analisis SKL, KI, dan KD

a.  Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI)

Analisis Standar Kelulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran. 

Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horizontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga.

Adapun tujuan melakukan analisis pada SKL dan KI adalah:

  • Analisis SKL

Tujuan analisis SKL untuk mengetahui arah capaian setiap peserta didik dalam menuntaskan pembelajaran yang dilakukan.

  • Analisis KI

Tujuan analisis KI untuk mengetahui apakah KI yang telah dirumuskan menunjang dalam pencapaian SKL. Terdapat empat KI yaitu KI sikap spiritual (KI-1), KI sikap sosial (KI-2), KI pengetahuan (KI-3), dan KI keterampilan (KI-4).

b.  Analisis Kompetensi Dasar (KD)

Hal pertama dalam melakukan analisis KD adalah dengan menentukan target yang akan dicapai sesuai dengan Kompetensi Dasar, dengan cara memisahkan target kompetensi dengan materi yang terdapat pada KD.

2.  Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi

Pendidik dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak, tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abstrak dan konkret.

Materi lebih lanjut mengenai Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran PPPK 2021 dapat Anda lihat melalui link berikut ini.

Link Download Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran PPPK 2021 [DISINI]

Akhir Kata

Dalam pembelajaran desain pembelajaran yan merupakan tugas krusial guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran di kelas. 

Demikian informasi mengenai Modul Pembelajaran Pedagogik Desain Pembelajaran PPPK 2021 yang dapat kami bagikan. Semoga membantu Anda dalam menghadapi tes seleksi CASN PPPK. Baca Juga: Modul Pembelajaran Pedagogik Karakter Peserta Didik PPPK 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *