Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak

Posted on

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Fase B Sekolah Penggerak. Berikut ini akan dibagikan link download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Penggerak Tahun 2022.

Modul ajar merupakan implementasi dari alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan dari capaian pembelajaran dengan profil pelajar pancasila sebagai sasaran.

Modul Ajar kurikulum merdeka merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi dari Komponen Informasi Umum, Kompetensi Inti, Lampiran dan Lengkap dengan LKPD (lembar Kerja Peserta Didik) Merdeka Belajar.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase B Kelas 3 ini dikhususkan bagi Sekolah Penggerak yang sudah menjalankan kurikulum sekolah penggerak, Materi, motede, strategi pembelajaran dan lain-lain dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi sekolah.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum Merdeka

Modul ajar ini disusun dengan tujuan agar para pendidik memiliki kemerdekaan untuk:

  • memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
  • menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Literasi menjadi kemampuan sangat penting yang digunakan untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran literasi untuk berbagai tujuan berkomunikasi dalam konteks sosial budaya Indonesia.

Kemampuan literasi dikembangkan ke dalam pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan untuk berbagai tujuan berbasis genre yang terkait dengan penggunaan bahasa dalam kehidupan.

Setiap genre memiliki tipe teks yang didasarkan pada alur pikir—struktur—khas teks tertentu. Tipe teks merupakan alur pikir yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa untuk bekerja dan belajar sepanjang hayat.

Model utama yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah pedagogi genre. Model ini memiliki empat tahapan, yaitu: penjelasan untuk membangun konteks (explaining, building the context), pemodelan (modelling), pembimbingan (joint construction), dan pemandirian (independent construction)

See also  Download Lengkap Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membentuk keterampilan berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa) dan keterampilan berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis).

Kompetensi berbahasa ini berdasar pada tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik, yaitu bahasa (mengembangkan kompetensi kebahasaan), sastra (kemampuan memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan mencipta karya sastra); dan berpikir (kritis, kreatif, dan imajinatif).

Pengembangan kompetensi berbahasa, bersastra, dan berpikir diharapkan membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan literasi tinggi dan berkarakter Pancasila.Modul ini merupakan Rencana pembelajaran pada fase B kelas 3 berdasarkan kurikulum sekolah penggerak.

Capaian Pembelajaran

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum Merdeka

Capaian pembelajaran umum Bahasa Indonesia fase B yaitu:

  1. Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar, sesuai dengan tujuan, kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di lingkungan sekitarnya.
  2. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami dan menyampaikan gagasan dari teks informatif, serta mampu mengungkapkan gagasan dalam kerja kelompok dan diskusi, serta memaparkan pendapatnya secara lisan dan tertulis.
  3. Peserta didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra dengan topik yang beragam.
  4. Peserta didik mampu membaca dengan fasih dan lancar.

Adapun capaian pembelajaran yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah gabungan dari beberapa elemen bahasa indonesia yaitu Menyimak, Membaca – Memirsa, Berbicara – Mempresentasikan, dan Menulis.

Fase B merupakan fase pembelajaran yang diterapkan bagi kelas 3 – 4 SD/MI.

Agar memudahkan download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Penggerak, Admin Blog BataraGuru.Com akan membagikan format dalam bentuk file PDF secara gratis.

Contoh modul ajar Bahasa Indonesia kelas 3 Fase B ini mungkin perlu penyempurnaan agar sesuai dengan karakteristik lingkungan dan peserta didik di satuan pendidikan Anda.

See also  Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak

Silahkan amati, tiru, dan modifikasi modul berikut dengan kondisi satuan pendidikan Anda.

Selengkapnya silakan anda Download Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Penggerak. DOWNLOAD DISINI.

Itulah contoh Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

download modul ajar sekolah penggerak
contoh modul ajar kurikulum prototype
contoh modul ajar sekolah penggerak pdf
modul ajar bahasa indonesia kelas 3 sd sekolah penggerak
modul ajar bahasa indonesia sekolah penggerak
contoh modul ajar bahasa indonesia
modul ajar kelas 3 sd sekolah penggerak
modul ajar kelas 3 sd