Latihan Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD MI

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD MI

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD MI – Berikut ini adalah latihan soal penilaian harian dan kunci jawaban tema 8 kelas 5 SD MI subtema 1 2 3 Buku pembelajaran tematik kelas 5 kurikulum 2013. Tema 8 kelas 5 SD MI bertema Lingkungan Sahabat Kita. 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Dalam artikel ini berisi soal-soal dari subtema 1 sampai subtema 3 disertai dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan buat bahan latihan peserta didik di rumah.

Oke, langsung saja simak latihan soal tematik kelas 5 tema 8 SD MI berikut ini!

Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 1

Tema         : 8. Lingkungan Sahabat Kita

Subtema    : 1. Manusia dan Lingkungan

Kerjakan soal – soal di bawah ini dengan teliti dan benar !

A. Soal I

1.   

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Keragaman yang terlihat pada gambar di atas ialah dalam hal ………

2.  Bacalah teks berikut ini!

Yanto : Apa kabar kalian berdua nih? Semua baik-baik saja kan?

Budi : ya, saya sangat baik

Andi : Ya, saya juga baik-baik saja Yan.

Andi : Oya Yan, apa sih aktivitas kamu dihari Jum’at? Mengapa kamu jarang keluar ketika hari Jum’at, bila keluar pun menjelang sore hari?

Budi : Iya itu Yan, kenapa memang?

Yanto : Aku ketika hari Jum’at pagi sampai siang memang dirumah saja, karena pada jam 11 aku ke  Masjid.

Andi : Ngapain Yan, terus kenapa harus jam 11?

Yanto : Hari Jum’at itu merupakan hari dimana semua umat Islam menjalankan salah satu perintah  Allah untuk menjalankan ibadah dihari itu. Dan ibadah dihari Jum’at biasanya akan dimulai pada jam 11.

Budi : Oh.. begitu ya Yan.

Andi : Mohon maaf Yan, memang kamu benar-benar yakin dengan ajaran Islam itu?

Yanto : Ya, dari hati yang bertabur iman saya sangat yakin bahwa Islam adalah agama yang benar dan yang di ridhoi. Tapi, bagaimanapun juga kebebasan beragama itu dimiliki oleh siapa saja yang tinggal di negara ini. Jadi, aku tetap menghargai kalian meskipun kalian berbeda keyakinan dengan aku.

Budi : Memang sudah seharusnya seperti itu sih Yan..

Yanto : Ya, setiap orang punya keyakinan masing-masing dan mereka sendiri nantinya yang akan mempertanggung jawabkannya. 

Andi : Benar, meskipun kita berbeda keyakinan tapi kita tetap harus saling menghargai apa yang sudah menjadi keyakinan orang lain.

Budi : teman-teman, sepertinya sudah mau malam nih.. mari kita pulang.

Andi & Yanto : Ok, mari kita pulang.

Dialog menunjukkan sikap ……. dalam keragaman sosial budaya di Indonesia

3. 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Peristiwa yang terjadi pada gambar di atas ialah …….

4. 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Urutan gambar yang benar yaitu ……

5.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Berdasarkan gambar di atas, salah satu manfaat air bagi kehidupan manusia yaitu ……..

6.  

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Berdasarkan gambar di atas, salah satu manfaat air bagi kehidupan hewan yaitu ……..

7. Air laut mengalami proses evaporasi dan berubah menjadi uap air akibat adanya panas matahari. Uap air akan mengalami kondensasi dan membentuk awan. Awan yang terbentuk akan menjadi hujan di permukaan laut.

Buatlah bagan berdasarkan siklus air di atas …… 

8.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Usaha ulat sutra berasal dari bidang …….

9. Bacalah teks berikut!

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Ada pula industri yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah lebih kecil. Contoh industri kecil, antara lain perajin mebel, pembuatan tahu atau tempe, dan perajin keramik. Contoh industri besar antara lain industri baja, industri mobil, dan industri tekstil.

Bila kita hendak mendirikan industri besar, maka kita juga akan menggunakan …… dalam jumlah yang besar pula

10. 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Tangga nada tersebut merupakan tangga nada diatonis …….

Kunci Jawaban

A. Soal I

1. Pakaian adat

2. Toleransi 

3. Kelangkaan air bersih

4. 2-1-4-3

5. Sebagai pembangkit listrik tenaga air

6. Sebagai tempat tinggal

7.   

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

8. Peternakan 

9. Peralatan, modal, dan tenaga kerja

10. Mayor 

Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 2

Tema           : 8. Lingkungan Sahabat Kita

Subtema     : 2. Perubahan Lingkungan

Kerjakan soal – soal di bawah ini dengan teliti dan benar !

A. Soal I

Teks nomor 1

Di Kalimantan Tengah terdapat tradisi khusus yang dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal. Upacara Tiwah ini biasa dilakukan oleh suku Dayak untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung. Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga. Selain itu ritual unik ini juga bertujuan untuk melepaskan kesialan bagi keluarga yang sudah ditinggalkan.

1. Keunikan yang terjadi berdasarkan paragraf di atas ialah ……..

Teks nomor 2

Untuk lebih menjaga keamanan dan ketertiban sekitar, kita juga bisa ikut kegiatan siskamling yang diadakan oleh masyarakat setempat. Jika kita bisa ikut, maka sangat asyik tentunya. Akan tetapi, jika kalian masih terlalu kecil, tidak perlu ikut, cukup mendukung gerakan yang positif ini saja juga sudah bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang baik.Dengan adanya kegiatan seperti siskamling ini, maka bisa mengurangi angka kejahatan, dan juga bisa menciptakan lingkungan masyarakat setempat yang aman, damai dan sejahtera.

2. Berdasarkan paragraf di atas, cara kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban sekitar, hal yang bisa dilakukan ialah ……

(soal untuk nomor 3 dan 4)

Siklus Air dan Bencana Kekeringan

Peristiwa siklus air merupakan peristiwa sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air bersih yang berguna untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air bersih antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian. 

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada saat proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap adalah uap air yang bersih. Pada saat turun hujan, air yang dihasilkan pun adalah air bersih dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, lalu menjadi air tanah. Air tanah adalah air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapatkan air tanah, manusia membuat sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju tempat yang lebih rendah seperti sungai, danau, dan laut. Air permukaan adalah air hujan yang tak dapat diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, karena mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses erosi. 

Pada musim kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya langsung diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menyebabkan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah semakin berkurangnya curah hujan. Oleh karena itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di saat inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air bersih terjadi dalam waktu yang panjang, bencana kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.

3. Teks di atas menjelaskan tentang …….

4. Akibat dari semakin sedikitnya awan adalah ……

(soal untuk nomor 5)

 Air tanah adalah semua air yang terdapat di bawah permukaan tanah pada lajur/zona jenuh air (zone of saturation). Air tanah terbentuk dari air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah.

Air tanah adalah salah satu faset dalam daur hidrologi , yakni suatu peristiwa yang selalu berulang dari urutan tahap yang dilalui air dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer; penguapan dari darat atau laut atau air pedalaman, pengembunan membentuk awan, pencurahan, pelonggokan dalam tanih atau badan air dan penguapan kembali (Kamus Hidrologi, 1987). Dari daur hidrologi tersebut dapat dipahami bahwa air tanah berinteraksi dengan air permukaan serta komponen-komponen lain yang terlibat dalam daur hidrologi termasuk bentuk topografi, jenis batuan penutup, penggunaan lahan, tetumbuhan penutup, serta manusia yang berada di permiukaan.

Air tanah dan air permukaan saling berkaitan dan berinteraksi. Setiap aksi (pemompaan, pencemaran dll) terhadap air tanah akan memberikan reaksi terhadap air permukaan, demikian sebaliknya.

5. Berdasarkan teks di atas, air tanah terbentuk dari ……

6.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Gambar tersebut menggambarkan siklus …… bagi kehidupan manusia 

7.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Gambar di atas menunjukkan salah satu jenis usaha yang dikelola secara ……

8.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Gambar tersebut menunjukkan jenis usaha dalam bidang …….

9.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5


Pola lantai yang ditunjukkan oleh gambar di atas adalah ……

10.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Dalam menyajikan sebuah tarian akan lebih lengkap bila diiringi dengan musik. Alat musik di atas bernama ……

Kunci Jawaban

A. Soal I

1. Pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung

2. Melakukan siskamling

3. Siklus air dan bencana kekeringan 

4. Semakin berkurangnya curah hujan

5. Air hujan dan air permukan , yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone of aeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zona jenuh air dan menjadi air tanah

6. Air 

7. Individu/sendiri

8. Jasa 

9. Pola lantai zig-zag

10. Gamelan 

Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Subtema 3

Tema           : 8. Lingkungan Sahabat Kita

Subtema     : 3. Usaha Pelestarian Lingkungan

Kerjakan soal – soal di bawah ini dengan teliti dan benar !

A. Soal I

1. Perbedaan budaya yang ada akan menciptakan rasa cinta tanah air, karena keanekaragam budaya adalah suatu kekayaan yang dimiliki suatu bangsa. Tidak hanya hasil tambang, komoditi ekspor yang mempengaruhi pendapatan negara. Faktor budaya juga menjadi daya tarik dan kekayaan yang bisa dimiliki suatu bangsa. Budaya mengajarkan kita akan nilai-nilai leluhur yang memiliki keunikan dan kegunaannya masing-masing.

Ketika kita memandang bahwa keanekaragaman budaya adalah suatu kekayaan, maka dengan sendirinya kita akan berusaha menjaga kekayaan kita tersebut. Sehingga rasa nasionalisme, sikap memiliki dan menghargai kekayaan bangsa akan timbul di dalam diri.

Salah satu manfaat adanya keberagaman budaya di Indonesia ialah dapat menumbuhkan sikap ……..

2. Keanekaragaman budaya jangan dijadikan sebagai perbedaan, tetapi hendaknya dijadikan sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Kita selaku bangsa Indonesia mempunyai kewajiban untuk selalu melestarikan kebudayaan yang beraneka ragam tersebut. Di samping itu, dengan mendalami kebudayaan yang beraneka ragam tersebut, wawasan kita akan bertambah sehingga kita tidak akan menjadi bangsa yang kerdil. Kita dapat menjadi bangsa yang mau dan mampu menghargai kekayaan yang kita miliki, yang berupa keanekaragaman kebudayaan tersebut. Sikap saling menghormati budaya perlu dikembangkan agar kebudayaan kita yang terkenal tinggi nilainya itu tetap lestari, tidak terkena arus yang datang dari luar. Melestarikan kebudayaan nasional harus didasari dengan rasa kesadaran yang tingi tanpa adanya paksaan dari siapapun. 

Karena itu, pentingnya memahami keragaman sosial budaya dapat mempererat ….. dan …… Negara kita

3. Setiap harinya, sebanyak 775 ton polutan mencemari air di Indonesia. Indonesia merupakan negara urutan nomor 6 dalam hal ini. Urutan pertama adalah China, kedua Amerika Serikat, dan ketiga India (semua negara ini memiliki industri besar-besaran). Di Yogyakarta sendiri, sebagai contohnya: industri-industri kecil, terutama industri sablon, merupakan salah satu industri penghasil limbah cair. Pada umumnya pembuangan limbahnya dilakukan langsung ke selokan air tanpa pengolahan terlebih dahulu. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air karena limbah tersebut mengandung unsur toksik yang tinggi. Bahan pencemar industri sablon berasal dari proses pewarnaan, proses produksi film dan pelat processor. Bahan pencemar ini terdapat di tinta warna, bahan pelarut, bahan pencair dan bahan pengering. Bahan pencemar mengandung unsur/bahan kimia berbahaya seperti alkohol/aseton dan esternya serta logam berat seperti krom, cobalt, mangan dan timah. Industri sablon di daerah Monjali Yogyakarta adalah salah satu penghasil limbah cair sablon yang cukup tinggi.

Kasus yang terjadi di atas yaitu ……..

4. Terjadinya banyak kasus alih fungsi hutan menjadi area perumahan dan perindustrian membuat daerah resapan air menjadi berkurang. Ketika daerah resapan air ini menjadi berkurang, maka air hujan, yang seharusnya bisa menjadi sumber air dalam tanah, justru menjadi air larian (run off). Banyaknya air larian dalam setiap musim hujan inilah yang menjadi penyebab banjir, terutama kawasan di sekitar aliran sungai-sungai besar, terutama Sungai Brantas. Selain menyebabkan banjir, berkurangnya daya resap tanah terhadap air itu pun mengurangi cadangan air bersih dalam tanah. Menurut data BPLH, dari 2.000 juta per meter kubik air hujan yang rata-rata turun tiap tahun, hanya 26,6 % yang terserap ke dalam tanah. Sementara sisanya, 73,4%, menjadi air larian yang berpotensi menimbulkan terjadinya banjir.

Cara kita untuk mencegah terjadinya banjir yaitu dengan cara …… sebagai sarana resapan yang baik

5. Ciri di atas merupakan syarat air bersih secara ……… 

6.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Kegiatan di atas adalah salah satu contoh untuk menjaga ……. air bersih 

7. Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.

Kegiatan ekonomi yang terjadi ialah ……….

8.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5
Gambar di atas menunjukkan sikap yang tidak baik, yaitu tidak menghargai jasa …….

(soal untuk nomor 9)
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

9. Yang dimaksud dengan cerita gambar ialah …….

10.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5

Tema dari gambar di atas ialah ………

Kunci Jawaban

A. Soal I

1. Nasionalisme

2. Persatuan dan kesatuan 

3. Pencemaran sungai yang dilakukan industri pabrikan

4. Menanam pohon/reboisasi 

5. Fisik 

6. Persediaan 

7. Petani menjual hasil panennya

8. Petani 

9. Hasil dari suatu tulisan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang dimaksud dibandingkan dengan bentuknya

10. Lingkungan pedesaan 

Itulah soal penilaian harian tematik dan kunci jawaban tema 8 kelas 5 SD MI yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *