Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Ajaran 2021-2022

Posted on

Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Ajaran 2021-2022

Kalender Pendidikan Madrasah – Halo sahabat Media Edukasi, kali ini admin akan membagikan informasi terkait dengan Kalender Pendidikan Madrasah tahun ajaran 2021-2022. Jadi jika Anda sedang mencari informasi dan file yang berhubungan dengan hal tersebut, Anda telah berada ditempat yang tepat.

Kalender Pendidikan Madrasah

Kalender pendidikan merupakan panduan bagi satuan pendidikan dalam menyusun program pembelajaran dalam satu tahun pelajaran. Oleh karena itu, kalender pendidikan umunya diterbitkan tiap tahun menjelang bergulirnya tahun ajaran baru.

Kalender Pendidikan Madrasah

Kalender pendidikan Madrasah dikeluarkan langsung oleh Dirjen Pendidikan Islam dibawah naungan Kementerian Agama RI.  Sesuai dengan namanya, tentunya kaldik ini dikhususkan bagi sekolah madrasah dari jenjang MI, MTs, hingga MA. Ini berbeda dengan satuan pendidikan negeri di bawah naungan Kemdikbud yang kalender pendidikan umumnya dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten setempat.

Meskipun berbeda namun dalam hal hari libur tetap menyesuaikan dengan hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh negara. 

Kalender Pendidikan Madrasah ini ditetapkan pada tanggal 05 April 2021 yang lalu. Fungsi utamanya untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan madrasah dengan dukungan tata kelola madrasah yang profesional, efektif dan efisien. Mengingat fungsinya sebagai barometer penyusunan program pembelajaran maka wajar apabila cepat dirilis.

Kalender pendidikan ini sangat berguna bagi bapak/ibu guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Terutama dalam menetapkan berapa hari efektif ketika menyusun program semester (promes) dan program tahunan (prota). 

Rincian kalender Pendidikan Madrasah

Lantas bagaimana rincian kalender pendidikan madrasah yang diterbitkan? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Kalender Pendidikan Madrasah

Semester Ganjil 2021-2022

Hari pertama semester ganjil 2021-2022 dimulai pada tanggal 12 Juli 2021. Jumlah hari efektif sebanyak 152 hari dengan rincian sebagai berikut:

See also  Pengumuman Rekrutmen Calon Asesor Program Sekolah Penggerak (PSP)
  • Juli: 26 Hari efektif
  • Agustus: 24 Hari efektif
  • September: 26 Hari efektif
  • Oktober: 25 Hari efektif
  • November: 26 Hari efektif
  • Desember: 25 Hari efektif

Semester Genap 2021-2022

Hari pertama semester genap 2021-2022 dimulai pada tanggal 03 Januari 2022. Jumlah hari efektif sebanyak 145 hari dengan rincian sebagai berikut:

  • Januari: 25 Hari efektif
  • Februari: 22 Hari efektif
  • Maret: 26 Hari efektif
  • April: 25 Hari efektif
  • Mei: 22 Hari efektif
  • Juni: 25 Hari efektif

Selengkapnya dapat Anda lihat dalam file berikut ini.

Link download Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2021-2022 [DISINI]

Akhir Kata

Demikian informasi terkait dengan Kalender Pendidikan Madrasah tahun pelajaran 2021-2022 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat bapak dan ibu guru dalam menyusun dan melaksanakan proses pembelajaran.