Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020– Menjelang pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021, admin akan membagikan artikel terkait Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020. Contoh ini bisa menjadi bahan rujukan untuk anda gunakan dalam pembuatan RPP semester genap tahun pelajaran 2020/2021. RPP ini telah disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembuatan RPP yang efektif, efisien, dan berorientasi kepada peserta didik.
Sejak dikeluarkannya surat edaran nomor 14 tahun 2019 dan dilaksanakannya pembelajaran daring, admin telah mencari diberbagai literatur tentang bagaimana sih bentuk RPP yang sesuai dengan edaran tersebut dan mampu mengakomodir pembelajaran daring. Contoh RPP ini diharapkan dapat membuat peserta didik termotivasi dan merasa santai dalam belajar daring di tengah pandemi covid-19 sekarang ini. Berikut ini adalah Contoh RPP 1 Lembar yang sesuai edaran no. 14 tahun 2019. Tak lupa kita ucapkan terima kasih kepada tim penyusun yang telah membuat RPP 1 Lembar Daring ini.

RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

Contoh RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020
Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020

PESAN UNTUK ORANG TUA

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.  Bertemu lagi di pembelajaran semester 2, pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama- sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                : 5
Tema                : 6. Panas dan Perpindahannya 
Subtema           : 1. Suhu dan Kalor 
Pembelajaran   : 1
Semester          : II (Genap) 
Alokasi Waktu : 120 menit

Kompetensi Dasar/Materi

IPA
Materi : Pengertian Kalor dan Sumber-sumber kalor
KD 3.6. Menerapkan konsep perpindahan dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari
KD 4.6. Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
Materi : Kalimat tanya dengan kata tanya apa dan di mana berdasar teks.
KD 3.1. Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
KD 4.1. Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku

Tujuan Pembelajaran

Melalui menyimak video, peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor dan menyebutkan sumber-sumber kalor, serta mampu membuat kalimat tanya dengan kata tanya apa dan di mana dari teks yang dibaca dengan benar.

Alat/Media

Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib mendampingi mereka

Bahan/Materi

Video dan Teks

Penilaian

(1)  Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja.   
Anak-anak sudah siap berbagi pengalaman hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada  air  mengalir  sebelum  dan  sesudah  memulai  kegiatan!  Nah,  kalau  sudah  cuci  tangan,  mari  kita  bersiap memulai  pembelajaran.  Mari  kita  awali dengan  membaca  doa  terlebih  dahulu  semoga  kita  selalu  sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi  Ananda  selama  melakukan  kegiatan  pembelajaran,  ya!  Jangan  lupa  ucapkan  tolong  bila  minta
bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1  

Halo Ananda, semoga selalu sehat dan bahagia. Apakah kalian sudah sarapan pagi ini? Jika belum,
segera sarapan ya. Setelah sarapan kalian boleh melakukan olahraga ringan sambal berjemur di sekitar rumah yang terkena sinar matahari.
Mengapa kita perlu berjemur di pagi hari? Karena salah satu manfaat berjemur di bawah sinar matahari adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh sangat kita perlukan dalam kondisi saat ini.
Pastinya kalian tahu, matahari adalah sumber energi panas (kalor) terbesar di bumi. Untuk mempelajari tentang kalor dan sumber- sumbernya, mari kita simak video pada tautan berikut ini!

Setelah menyimak tayangan tersebut, pastinya kalian sudah mengetahui tentang kalor.
Tugas Ananda adalah:
1.   Apa pengertian kalor?
2.   Sebutkan macam-macam sumber energi kalor!
Jika sudah selesai, kirimkan foto jawaban Ananda dan kirimkan ke WAG kelas.

Kegiatan 2  

Terima kasih untuk Ananda yang telah mengirimkan tugas pertamanya.
Ananda sudah mempelajari tentang sumber energi panas (kalor),  untuk  menambah  wawasan,  Ananda  bisa membaca teks yang ada pada lampiran di bawah.
Setelah membaca teks, buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya apa dan di mana, yang jawaban dari pertanyaan tersebut dijelaskan dalam teks.
Tuliskan  kalimat  tanya  dan  jawabannya  di  buku  tugas kalian. Jika sudah selesai foto dan kirim ke WAG kelas.
Jika ada kesulitan dalam belajar, minta tolong Ayah dan Bunda untuk membantu.
Jangan  lupa  ucapkan  terima  kasih  kepada  ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Sampai jumpa besok!
Bagi siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya, nanti tunjukkan ke Bapak/Ibu guru kalau sudah masuk sekolah. 

Lampiran: Teks

Sumber Energi Panas 
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai  di alam, salah  satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan  makanan  pada  tumbuhan  yang  disebut sebagai proses fotosintesis.  Makanan  yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.
Sumber : Aprilia, BSE IPA Kelas 4 dengan penyesuaian
TIM PENULIS:
1.   Tarinah, S.Hi, S.Pd
2.   Lina Aris Setyaningsih, S.E.,S.Pd
3.   Dra. Yeyet Daryati, M.Pd
4.   Dr. Sri Handayani, MM
sumber: Channel SD
RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 tersebut dapat anda download melalui link berikut:
Demikianlah artikel terkait Download RPP 1 Lembar Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/MI Pertemuan 4 Kamis 6 Januari 2020. Semoga bermanfaat. Salam Media Edukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *