Contoh Asesmen Kompetensi Minimum Adalah Numerasi

Contoh Asesmen Kompetensi Minimum Adalah Numerasi

Asesmen Kompetensi Minimum Adalah
Asesmen Kompetensi Minimum Adalah

Asesmen Kompetensi Minimum Adalah – Pada postingan sebelumnya Bapak dan Ibu telah mempelajari Butir Soal Asesmen Literasi pada Setiap Jenjang. Pada topik ini Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Numerasi yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. 

Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 

Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.  Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. 

Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.  Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 

Untuk mempermudah Bapak dan Ibu memahami penilaian asesmen literasi membaca silakan cek infografis berikut

Asesmen Kompetensi Minimum Adalah
Asesmen Kompetensi Minimum Adalah

Menganalisis Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Pada jenjang SMP/MTS hanya terdapat 1 level pembelajaran, dengan mempelajari 4 konten pembelajaran yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar dan data dan ketidakpastian.

Selanjutnya Bapak dan Ibu akan berlatih menganalisis tahap asesmen pada jenjang SMP/MI.

Pada jenjang SMP/MTS terdapat 1 level pembelajaran. Pada level pembelajarannya terdapat 3 konten yang dipelajari yakni, bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, serta data dan ketidakpastian.

Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 8, siswa akan belajar merepresentasikan bilangan cacah. Siswa akan mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Selain itu siswa juga akan mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, serta rasio dan proporsi.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 1 Numerasi.

Contoh Butir Asesmen Numerasi Tingkat SMP

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 1 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 2 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 3 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 4 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 5 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 6 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 7 level 1

Contoh-contoh soal AKM kompetensi 8 level 1

Demikianlah pembahasan bahwa ternyata asesmen kompetensi minimum adalah salah satu targetnya mengukur kemampuan numerasi peserta didik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *