5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Posted on

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo – Oppo memiliki reputasi besar sebagai pembuat ponsel Android yang fantastis. Tapi bagaimana dengan aplikasi mereka? Yah, tidak semua aplikasi Oppo sempurna. Bahkan, beberapa di antaranya bisa sangat bermasalah dan sulit digunakan.

Lebih buruk lagi, banyak orang mengalami masalah saat menggunakan Aplikasi bawaan Oppo di ponsel Android mereka. Jadi bagaimana Anda menghapus aplikasi ini dari perangkat Anda tanpa masalah?

Singkatnya, cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda dan masukkan “Aplikasi”.
  2. Gulir ke bawah ke bagian bawah daftar dan pilih “hapus aplikasi”.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan klik Hapus.

Namun tentu saja tetap ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar proses penghapusannya tidak menyisakan file-file sampah dalam perangkat Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Untuk menghapus aplikasi default Oppo dari ponsel Android Anda, Anda harus terlebih dahulu membuka kuncinya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Membuka kunci ponsel Anda akan memungkinkan Anda untuk menghapus data dan konfigurasi yang hilang, serta mencopot pemasangan aplikasi apa pun yang telah ditetapkan secara default oleh pabrikan.

Untuk melakukan ini, silahkan:

  1. Buka Pengaturan> Keamanan> Akun lalu ketuk tombol tiga titik di sebelah nama akun Oppo (jika belum disetel).
  2. Setelah masuk, gulir ke bawah dan pilih opsi untuk “Opsi Pengembang.”
  3. Gulir ke bawah dan pilih opsi untuk “Hapus Data/Data Cache & Cache (Opsional).”
  4. Terakhir, ketuk kotak centang di sebelah “Hapus Semua Data Pengguna.”
See also  5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Untuk menghapus aplikasi dari ponsel Android Anda yang telah ditetapkan secara default oleh pabrikan, Anda memerlukan pemulihan khusus seperti TWRP atau CWM.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang program pemulihan ini dan cara menggunakannya, silakan lihat panduan kami tentang cara me-rooting ponsel Android Anda menggunakan metode pemulihan khusus.

Meskipun rooting perangkat Anda dapat membantu memecahkan banyak masalah, itu juga dapat menghapus beberapa data Anda jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional sebelum menerapkan langkah ini jika Anda sensitif tentang kehilangan data pribadi.

Cara Menghapus Aplikasi Default Oppo dari Ponsel Android Anda

Jika Anda pernah menemukan aplikasi bawaan Oppo yang tidak dapat Anda hapus, jangan khawatir. Banyak produsen Android menawarkan program pemulihan khusus yang memungkinkan Anda untuk mencopot pemasangan aplikasi default tanpa menghapus data Anda.

Untuk mengetahui ponsel Android mana yang memiliki fitur ini, buka Google Play Store dan ketik “oppo default apps.”

Tips Menghapus Aplikasi Default Oppo dari Ponsel Android Anda

Salah satu cara paling umum untuk menghapus aplikasi default dari ponsel Android adalah dengan menggunakan penghapusan pemulihan kustom. Proses ini menghapus semua data dan pengaturan di ponsel Anda, termasuk cadangan dan aplikasi khusus Anda.

Untuk menyelesaikan langkah ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan root pada perangkat Anda dan kemudian menginstal alat pemulihan.

Setelah terinstal, tekan dan tahan Volume Turun dan Daya hingga Anda melihat pemberitahuan tentang penghapusan pemulihan baru.

Ketuk untuk memulai proses penghapusan.

Hapus Aplikasi Default dengan uninstaller Layanan Google Play

Cara lain untuk menghapus aplikasi default adalah dengan menggunakan uninstaller Layanan Google Play.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Aplikasi ini dapat ditemukan di menu Pengaturan ponsel Android Anda dan memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi apa pun dari akun Anda tanpa harus melakukan root atau menginstal alat pemulihan.

See also  Download Aplikasi Raport K13 Kelas 1-6 SD/MI Revisi 2020

Untuk menggunakan fungsi ini, cukup buka aplikasi App Store di perangkat Anda dan pilih “Hapus Dari Kartu SD” dari daftar opsi. Setelah menghapus aplikasi dari memori, ketuk “Selesai” di jendela pop-up yang muncul.

Hapus Aplikasi Default Dari Ponsel Android dengan custom ROM flashtool

Terakhir, salah satu cara menghapus aplikasi bawaan oppo adalah dengan menggunakan custom ROM flashtool.

Alat ini dapat ditemukan secara online atau di beberapa toko ritel, dan memungkinkan Anda untuk mem-flash semua apk yang diunduh (aplikasi Android) ke perangkat Anda tanpa me-rooting atau memasang alat pemulihan.

Untuk menggunakan fungsi ini, pertama-tama unduh ROM flashtool ke komputer atau laptop Anda dan kemudian ekstrak ke folder yang tidak dikenal di perangkat Anda (mis., /sdcard/). Selanjutnya, luncurkan ROM flashtool dengan mengklik dua kali ikonnya di pengelola file pilihan Anda; setelah dimuat, ikuti instruksinya untuk memuat file rom tertentu ke perangkat Anda.

Setelah mem-flash file-file ini ke perangkat Anda, pastikan mereka sudah terpasang saat boot (dengan menekan sudo mount -t ext4 /data/local/roms/com.android.)).

Kesimpulan

Dengan mengikuti Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo, Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi default dari ponsel Android Anda. Dengan melakukannya, Anda akan dapat menikmati pengalaman perangkat yang lebih mulus dan meningkatkan keamanan Anda secara keseluruhan.