Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB dengan Mudah

Posted on

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengunggah atau mengirim file PDF karena ukurannya terlalu besar? Ukuran file PDF yang besar dapat menjadi masalah jika Anda perlu mengirimnya melalui email atau mempostingnya di situs web. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di artikel ini kami akan memandu Anda tentang cara mengecilkan file PDF menjadi 200KB.

Daftar Isi Artikel

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB

Saat ini, file PDF menjadi salah satu jenis file yang paling banyak digunakan. File ini sering digunakan untuk dokumen penting seperti laporan, artikel, dan proposal. Namun, masalah yang sering ditemukan adalah ukuran file PDF yang terlalu besar.

Hal ini menjadi kendala ketika ingin mengirim file melalui email atau memposting file tersebut di internet. Jika file terlalu besar, maka akan membutuhkan waktu lama untuk mengunggah dan mengunduhnya.

See also  Cara Membuat Desain Instagram yang Menakjubkan dengan Canva

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mengecilkan file PDF menjadi 200KB dengan mudah.

Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB
Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Adobe Acrobat Pro DC adalah salah satu program pengolah PDF paling populer dan mudah digunakan. Salah satu fitur utama dari Adobe Acrobat adalah kemampuannya untuk mengecilkan ukuran file PDF. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecilkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat Pro DC.

  1. Buka file PDF Anda dengan Adobe Acrobat Pro DC.
  2. Pilih opsi “Tools” di bagian atas, kemudian pilih “Optimize PDF”.
  3. Setelah muncul jendela “PDF Optimizer”, pilih opsi “Reduce File Size”.
  4. Pilih “Retain existing” jika Anda ingin mempertahankan kualitas gambar atau pilih “High Quality” jika Anda ingin mengompresi gambar.
  5. Klik “OK” dan simpan file PDF yang telah dikompresi.

Menggunakan SmallPDF

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB
Menggunakan SmallPDF

SmallPDF adalah layanan online gratis yang memungkinkan Anda mengecilkan file PDF secara online tanpa harus menginstal program apa pun. SmallPDF juga menyediakan berbagai alat pengolah PDF lainnya seperti menggabungkan dan memisahkan file PDF. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecilkan file PDF menggunakan SmallPDF.

  1. Buka situs web SmallPDF.
  2. Seret dan jatuhkan file PDF Anda ke area yang ditunjukkan di situs web atau klik “Choose File” untuk memilih file dari komputer Anda.
  3. Tunggu hingga proses pengunggahan selesai.
  4. Setelah proses pengunggahan selesai, SmallPDF akan secara otomatis mengecilkan ukuran file PDF Anda.
  5. Klik “Download” untuk mengunduh file PDF yang telah dikompresi.

Menggunakan Microsoft Word

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB
Menggunakan Microsoft Word

Selain Adobe Acrobat dan SmallPDF, Anda juga dapat mengecilkan file PDF menggunakan Microsoft Word. Meskipun ini mungkin tidak menjadi metode yang paling efektif, ini dapat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke Adobe Acrobat atau SmallPDF. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecilkan file PDF menggunakan Microsoft Word.

  1. Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Pilih “File” di bagian atas, kemudian pilih “Open” dan pilih file PDF yang ingin Anda kompres.
  3. Word akan menampilkan pesan konversi yang menginformasikan bahwa file PDF akan diubah menjadi format dokumen Word. Klik “OK” untuk melanjutkan.
  4. Setelah file PDF dibuka di Word, pilih “File” di bagian atas, kemudian pilih “Save As”.
  5. Pilih “PDF” sebagai jenis file, lalu klik “Options”.
  6. Pilih opsi “Minimum size (publishing online)” dan klik “OK”.
  7. Klik “Save” dan simpan file PDF yang telah dikompresi.
See also  Cara Membuat Video Slow Motion di IG dengan Cepat dan Mudah: 7 Tips Sederhana untuk Memulai

Menggunakan Preview di Mac

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB
Menggunakan Preview di Mac

Jika Anda menggunakan Mac, Anda juga dapat mengecilkan file PDF menggunakan aplikasi bawaan bernama Preview. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecilkan file PDF menggunakan Preview di Mac.

  1. Buka file PDF Anda dengan Preview.
  2. Pilih “File” di bagian atas, kemudian pilih “Export”.
  3. Pilih “Reduce File Size” dari menu pop-up Quartz Filter.
  4. Klik “Save” dan simpan file PDF yang telah dikompresi.

Tips tambahan untuk mengecilkan file PDF

Selain metode yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengecilkan file PDF.

  • Hapus halaman yang tidak perlu: Halaman yang tidak perlu dapat membuat file PDF lebih besar dari seharusnya. Sebelum mengompresi file PDF, pastikan untuk menghapus halaman yang tidak diperlukan.
  • Kurangi kualitas gambar: Gambar dengan kualitas tinggi dapat membuat file PDF lebih besar. Cobalah mengurangi kualitas gambar untuk mengurangi ukuran file.
  • Kurangi font: Jika file PDF Anda menggunakan font yang jarang digunakan, Anda dapat mengurangi ukuran file dengan mengubah font menjadi font standar seperti Arial atau Times New Roman.
  • Gunakan kompresi ZIP: Setelah file PDF dikompresi, Anda juga dapat menggunakan kompresi ZIP untuk mengecilkan ukuran file lebih lanjut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memandu Anda melalui beberapa metode yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan file PDF menjadi 200KB atau bahkan lebih kecil. Meskipun beberapa metode memerlukan aplikasi atau perangkat lunak khusus, sebagian besar metode dapat dilakukan secara gratis dan mudah digunakan.

Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, dan jangan lupa untuk melakukan backup file PDF Anda sebelum melakukan proses kompresi. Selain itu, gunakan tips tambahan yang telah disebutkan di atas untuk membantu Anda mengecilkan file PDF lebih lanjut.

Dengan mengecilkan file PDF, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat waktu unggah, yang dapat sangat membantu jika Anda sering mengirimkan file PDF melalui email atau mengunggahnya ke situs web.

Dalam penggunaan layanan online compressor, Anda harus berhati-hati dalam mengunggah file PDF ke situs web yang terpercaya. Pastikan situs web tersebut memang aman dan tidak akan menyebarkan file PDF yang sudah diunggah ke publik.

Kami harap artikel ini telah membantu Anda mengecilkan file PDF dan mempercepat waktu unggah. Jangan ragu untuk mencoba beberapa metode yang telah disebutkan di atas dan jangan lupa untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Apakah semua metode di atas gratis?

Ya, semua metode yang telah disebutkan di atas gratis untuk digunakan.

Apakah ada batasan ukuran file PDF yang dapat dikompresi?

Batasan ukuran file PDF yang dapat dikompresi tergantung pada metode yang digunakan. Namun, sebagian besar metode dapat mengecilkan file PDF hingga 200KB atau bahkan lebih kecil.

Apakah kualitas file PDF akan berkurang setelah dikompresi?

Kualitas file PDF mungkin berkurang sedikit setelah dikompresi, terutama jika Anda memilih opsi “Reduce File Size” yang kuat. Namun, sebagian besar waktu perbedaan kualitas tidak terlalu signifikan.

Apakah file PDF harus dikompresi sebelum diunggah ke situs web?

Tergantung pada situs web yang Anda gunakan, namun umumnya disarankan untuk mengompresi file PDF sebelum diunggah ke situs web. Ini dapat membantu mempercepat waktu unggah dan memperkecil penggunaan ruang penyimpanan.

Apakah ada metode lain yang dapat digunakan untuk mengecilkan file PDF?

Ya, selain metode yang telah disebutkan di atas, ada banyak alat online dan perangkat lunak lainnya yang dapat digunakan untuk mengecilkan file PDF. Namun, pastikan untuk memilih metode yang aman dan terpercaya untuk menghindari risiko keamanan dan privasi.