Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Posted on

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10 – Sebagai seorang tenaga pengajar guru, akitivitas keseharian anda tentu tak lepas dari laptop atau computer. Untuk mengerjakan segala administrasi guru anda pasti menggunakan laptop. 

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, prota, promes, dan lainnya harus menggunakan laptop. Apalagi dalam system pembelajaran online seperti saat ini, laptop sangant berperan penting dalam menunjang kegiatan proses belajar mengajar anda.

Oleh karena itu anda harus merawat laptop anda agar awet digunakan dan terhindar dari berbagai masalah. Salah satu yang permasalahan yang terjadi yaitu Blue screen, dimana layar laptop kita tiba-tiba menjadi warna biru sehingga di sebut dengan istilah blue screen. Ketika mengalami masalah tersebut jangan langsung panik. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana cara mengatasi laptop blue screen.

Untuk mengatasi laptop blue screen, pertama kita harus memahami apa itu blue screen.

Apa Itu Blue Screen?

Istilah Blue Screen (Blue screen of death) adalah sebutan bagi suatu kegagalan yang terjadi pada perangkat elektronik disebabkan oleh adanya kesalahan pada system operasi windows sehingga operasinya terpaksa dihentikan. Kerusakan ini umumnya hanya dialami oleh system operasi windows pada laptop atau PC dan system operasi berbasis windows misalnya pada mesin ATM.

Beberapa Penyebab Laptop Blue Screen

Beberapa hal yang sering menyebabkan tejadinya masalah blue screen:

  • Kerusakan pada driver
  • Adanya kerusakan pada partisi atau file system
  • Overheat, suhu panas yang terlalu panas akibat pemakaian yang lama
  • Corrupt pada processor
  • Corrupt pada system BIOS
  • Adanya kerusakan pada slot memory atau RAM
  • Kerusakan pada hardware seperti VGA, memori pada processor, memori pada RAM
  • Adanya kesalahan pada saat instalasi driver
  • Adanya kesalahan pada saat instalasi system operasi
See also  3 Aplikasi Penyimpanan Daring Gratis dan Populer Untuk Pembelajaran

Tips dan Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Inillah beberapa tips dan cara yang harus anda lakukan jika laptop anda mengalami masalah blue screen 

Scan Malware
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Lakukan scan virus dan malware secara berkala terhadap laptop anda. Hal ini untuk mengantisipasi agar virus yang menyerang laptop anda tidak menembus jauh ke dalam system operasi windows anda yang dapat menyebabkan system menjadi tidak stabil. Anda bisa menggunakan scan antivirus yang berlisensi free maupun premium seperti Malwarebytes, AVG, Kaspersky, Eset smart security, Avast dan banyak macam lainnya.

Update Driver Laptop
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Adanya kesalahan pada saat instalasi driver atau driver yang sudah out of date (kadaluarsa) juga dapat menyebabkan laptop mengalami kerusakan. Solusinya anda harus rutin memeriksa dan mengupdtae driver anda melalui device manager laptop anda.

Melakukan System Restore
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Cara ini bisa dipraktekkan jika laptop anda baru saja mengalami blue screen. Melakukan system restore artinya membuat kondisi laptop anda kembali pada keadaan sebelum terkena blue screen. Jika cara ini berhasil maka kemungkinan penyebab blue screen yaitu adanya kesalahan pada salah satu software di laptop anda.

Boot ke Safe Mode
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Jika laptop anda mengalami blue screen pada saat dinyalakan, anda bisa mengatasinya dengan cara masuk ke safe mode. Pada mode ini, windows hanya mengambil driver yang penting saja. Di mode ini anda bisa meng uninstall driver yang menyebabkan blue scree.

Cek Masalah Hardware
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Dengan menggunakan memory diagnostic tool anda bisa mengetahui penyebab blue screen laptop and ajika disebabkan oleh masalah hardware. Cukup dengan mengetikkan Memory diagnostic tool pada start menu di laptop anda.

Install Ulang Windows
Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows 10

Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah blue screen pada latop anda, opsi terakhir yaitu melakukan install ulang system windows pada laptop anda. Cara ini akan mengembalikan laptop anda menjadi fresh instalasi atau kembali ke system default. Namun jika cara ini juga tidak berhasil, maka letak permasalahannya terletak pada hardware laptop anda. Bisa saja saja mainboard yang telah rusak.

See also  5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Itulah beberapa cara mengatasi laptop blue screen windows 10 yang dapat kami bagikan. Jangan lupa untuk menjaga kondisi laptop atau komputer anda demi kelancaran aktivitas pembelajaran jarak jauh. Semoga bermanfaat! Jangan lupa follow blog ini agar anda selalu menerima update.