Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 SMA MA SMK Revisi terbaru

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10 merupakan Buku Guru  Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X SMA/SMK/MA Edisi Revisi 2017/2018 merupakan Buku Guru  Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk Kelas X edisi terbaru. Buku ini digunakan sebagai buku pegangan guru dalam pembelajaran  Bahasa Indoensia  bagi  sekolah  atau  madrasah  yang telah menerapkan Kurikulum 2013.

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10

Konsep utama pengembangan buku teks ini adalah genre-based. Adapun genre  (fungsi bahasa) dimaknai sebagai kegiatan sosial yang memiliki jenis yang berbeda  sesuai dengan tujuan kegiatan sosial dan fungsi komunikasi. Setiaap jenis genre (tipe teks) memilki kekhasan cara pengungkapan struktur retorika teks, isi, dan kekhasan unsur kebahasaan. Inilah cara pandang baru tentang bahasa. 

Jika KTSP menekankan pendekatan komunikatif maka Kurikulum 2013 lebih menajamkan efek komunikasinya dan dampak fungsi sosialnya. Misalnya, jika pada KTSP peserta didik diajari menulis surat dengan format standar tidak terlalu menekankan pada isi surat, maka materi surat pada Kurikulum 2013 harus dapat berdampak sosial yang menunjukkan kepribadian saat menulis surat lamaran pekerjaan atau surat lamaran yang dapat meyakinkan orang lain. 

Bahasa dan Isi menjadi dua hal yang saling menunjang. Ini sejalan dengan perkembangan teori pengajaran bahasa di Eropa dan Amerika, Content Language Integrated Learning (CLIL) yang menonjolkan 4 unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi modal dasar untuk belajar dan  perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri peserta didik sebagai komunikator, pemikir imajinatif, dan warga negara Indonesia yang literat atau melek informasi. 

Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan peserta didik dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja. 

Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia secara umum bertujuan agar peserta didik mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung dalam mengembangkan pengetahuan siswa, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. 

Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10

Dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia kepada peserta didik, Ibu/ Bapak guru menggunakan teks dalam konteks sosial. Untuk mencapai kompetensi berbahasa dan bersastra yang diharapkan, peserta didik dapat diajak untuk mengikuti tahapan belajar secara saksama. Ibu/Bapak guru dapat memulai pembelajaran dari pemahaman teks dan mendorong siswa dapat mengidentifikasi jenis dan makna yang terdapat dalam teks. 

Peserta didik diajak untuk mengkonstruksi pikirannya dari teks yang dibaca atau didengar (diusahakan agar kemampuan mendengarkan dan membaca dikembangkan secara seimbang). Tahap berikutnya, peserta didik diajak untuk mengidentifikasi struktur retorika, isi, dan penggunaan unsur kebahasaan. 

Selanjutnya, peserta didik diajak untuk melakukan pemodelan dan mendekonstruksi. Pada tahap ini, Ibu/Bapak guru dapat menggunakan pendekatan scientific sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran kepada peserta didik. Tahap berikutnya adalah mengkonstruksi teks, baik dengan bantuan teman (berkelompok) maupun guru. Namun, pada akhirnya, peserta didik harus dituntun untuk dapat mengkonstruksi  secara mandiri.

Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 10 SMA/SMK/MA Edisi Revisi 2017/2018 ini bertolak dari Kurikulum 2013 yang direvisi. Berdasarkan kurikulum tersebut, tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan pada pengembangan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik melalui kegiatan mendengarkan (listening), membaca (reading), memirsa (viewing), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Kompetensi memirsa merupakan kompetensi yang diperlukan di Abad 21 karena konteks social ini sangat dekat dengan peserta didik. 

Link download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA Edisi Revisi 2017/2018 (disini).

Pencarian paling terkait:

  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 edisi revisi 2020
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 2021
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 scribd
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 slideshare
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 semester 2
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2016 pdf
  • download buku guru bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2017
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 pdf
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 revisi 2020
  • buku guru bahasa indonesia kelas 10 k13

Demikian informasi tentang Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/MA Edisi Revisi 2017/2018. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *