Contoh ATP Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 – 9 SMP Kurikulum Merdeka

Posted on

Bataraguru.com – Contoh ATP Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 – 9 SMP Kurikulum Merdeka

Pada kesempatan ini, kami berkeinginan untuk berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai ATP Kurikulum Merdeka yang dapat anda peroleh secara gratis dengan mendownload ATP Kurikulum Merdeka Kelas VII – IX SMP-MTs untuk mata pelajaran Bahasa Inggris Semester 1 dan 2, Revisi Tahun 2023/2024.

ATP Bahasa Inggris Fase D
ATP Bahasa Inggris Fase D

Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran

Alur tujuan pembelajaran merupakan tahapan atau langkah-langkah yang disusun secara sistematis dan logis dalam proses belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Alur ini penting untuk memastikan bahwa materi pembelajaran disajikan secara efektif dan efisien kepada peserta didik.

Berikut adalah penjelasan tentang alur tujuan pembelajaran:

Penentuan Tujuan

Langkah pertama dalam alur tujuan pembelajaran adalah menentukan apa yang diharapkan peserta didik dapat capai setelah mengikuti proses pembelajaran tersebut. Tujuan ini harus spesifik, dapat diukur, relevan, dan dapat dicapai dalam waktu yang telah ditentukan.

Desain Materi

Setelah tujuan ditetapkan, materi pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa agar peserta didik dapat mencapai tujuan tersebut. Desain ini termasuk pemilihan materi, penyusunan materi, dan penentuan metode pengajaran yang akan digunakan.

Penyampaian Materi

Langkah selanjutnya adalah penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik. Dalam tahap ini, guru atau pelatih harus memastikan bahwa peserta didik memahami materi yang disampaikan dan dapat menghubungkan materi tersebut dengan pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya.

Evaluasi

Tahap terakhir dalam alur tujuan pembelajaran adalah evaluasi. Evaluasi ini digunakan untuk menilai sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi ini dapat digunakan untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran dan sebagai bahan masukan untuk peningkatan proses pembelajaran di masa mendatang.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) perlu memperhatikan beberapa prinsip penting untuk memastikan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar. Berikut ini beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan ATP:

See also  3 Cara Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Berorientasi pada Tujuan

Prinsip ini berarti bahwa setiap langkah dalam ATP harus selaras dan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan tersebut harus jelas dan spesifik sehingga dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi proses pembelajaran.

Mengutamakan Peserta Didik

Prinsip ini menekankan pentingnya mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik dalam menyusun ATP. Setiap individu memiliki cara belajar yang berbeda-beda, oleh karena itu ATP harus cukup fleksibel untuk mengakomodasi perbedaan tersebut.

Berbasis Kompetensi

ATP harus dirancang untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi tertentu. Kompetensi tersebut dapat berupa pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang diharapkan dapat dicapai peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran.

Interaktif dan Menyenangkan

Proses belajar-mengajar akan lebih efektif jika peserta didik merasa terlibat dan menikmati proses tersebut. Oleh karena itu, ATP harus dirancang dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Menggunakan Metode yang Tepat

Metode pengajaran yang digunakan dalam ATP harus sesuai dengan materi yang diajarkan, tujuan pembelajaran, dan karakteristik peserta didik. Penggunaan metode yang tepat dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran.

Adanya Evaluasi

ATP harus mencakup evaluasi untuk menilai efektivitas proses pembelajaran. Evaluasi ini penting untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran telah tercapai dan untuk memberikan umpan balik yang diperlukan untuk perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran di masa mendatang.

Cara menyusun TP (Tujuan Pembelajaran) dalam kurikulum merdeka

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah hasil yang diharapkan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Dalam menyusun TP, ada beberapa langkah yang bisa diikuti, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar, yaitu:

Identifikasi Kebutuhan

Tujuan pembelajaran harus berdasarkan pada kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, langkah pertama dalam menyusun TP adalah mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terkait dengan materi yang akan diajarkan.

Rumuskan Tujuan

Setelah kebutuhan peserta didik diidentifikasi, tujuan pembelajaran dapat dirumuskan. Tujuan ini harus spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu (biasanya disebut dengan prinsip SMART).

Prioritaskan Tujuan

Jika ada banyak tujuan yang ingin dicapai, prioritaskan berdasarkan urgensi dan relevansi dengan materi pembelajaran.

See also  Contoh ATP Bahasa Inggris Fase E Kelas 10 – 12 SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka

Hubungkan dengan Standar Kompetensi

Dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar, tujuan pembelajaran harus terkait dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sesuaikan dengan Karakteristik Peserta Didik

Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik peserta didik, termasuk usia, tingkat kemampuan, dan minat mereka.

Buat Tujuan Menjadi Aktif

Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara aktif, misalnya dengan menggunakan kata kerja yang menunjukkan tindakan (misalnya, “peserta didik dapat menjelaskan”, “peserta didik dapat membedakan”, dll).

Uji dan Evaluasi Tujuan

Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, uji dan evaluasi untuk memastikan bahwa tujuan tersebut dapat diukur dan relevan dengan materi pembelajaran.

Dengan memiliki alur tujuan pembelajaran yang jelas, proses belajar-mengajar dapat menjadi lebih terarah dan efektif. Selain itu, alur ini juga dapat membantu guru atau pelatih dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang mereka berikan.

ATP Bahasa Inggris Fase D

ATP, singkatan dari Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka, adalah serangkaian tujuan pendidikan yang terstruktur dengan baik dan logis dalam fase lengkap dan berurutan dari awal hingga akhir suatu fase.

Dalam proses penyusunannya, alur ini dirancang secara linear berdasarkan urutan aktivitas pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Pada dasarnya, ATP Kurikulum Merdeka memiliki fungsi yang sama dengan silabus, yaitu sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran.

Namun perbedaannya, dalam Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka ini, bukan hanya sebagai referensi atau petunjuk bagi guru, tapi juga menjadi panduan bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran pada akhir fase.

Berdasarkan pengertian serta prinsip penyusunan ATP tersebut, maka dikembangkanlah ATP Bahasa Inggris Fase D berdasarkan capaian pembelajaran berikut ini.

Unduh ATP Bahasa Inggris Fase D SMP Kurikulum Merdeka di sini.

Tetap ikuti Blog bataraguru, jika Anda ingin mendapatkan update terbaru tentang dunia pendidikan di negara kita, dan jika Anda memiliki pertanyaan terkait informasi di atas, jangan ragu untuk memberikan Komentar melalui kolom komentar yang telah kami sediakan. Kami berharap informasi mengenai ATP Bahasa Inggris Fase D Kelas 7, 8, 9 ini dapat membantu anda semua, terima kasih.