Aplikasi Raport Sekolah Penggerak Format Excel

Posted on

Aplikasi raport sekolah penggerak berbasis Ms. Excel menjadi alternatif pilihan bagi satuan pendidikan yang belum menggunakan e-rapor sekolah penggerak. Aplikasi rapor SP ini dapat digunakan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK sederajat.

Penggunaan aplikasi raport sekolah penggerak menjadi kewajiban bagi sekolah yang telah menjalankan kurikulum merdeka. Hal ini karena adanya perubahan istilah dan format penilaian dalam kurikulum baru tersebut.

Aplikasi Raport Sekolah Penggerak

Berdasarkan Kepmendikbudristek No 262/M/2002 tentang perubahan atas Kepmedikbudristek No 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran bahwa ada dua jenis rapor yang akan diterima oleh peserta didik dari sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Apa saja rapor sekolah penggerak tersebut? Yuk simak perbedaan keduanya berikut ini.

Rapor Intrakulikuler

aplikasi raport sekolah penggerak

Rapor yang pertama yaitu rapor intrakulikuler. Rapor ini berisi laporan hasil penilaian pembelajaran reguler peserta didik tiap akhir semester ganjil dan genap. Rapor ini wajib memuat komponen utama sebagai berikut:

  • Identitas peserta didik
  • Nama satuan pendidikan
  • Kelas
  • Semester
  • Mata pelajaran
  • Nilai
  • Deskripsi
  • Catatan guru
  • Presensi
  • Kegiatan ekstrakulikuler

Perbedaan paling mencolok jika dibandingkan dengan rapor kurikulum 2013 (K13) yaitu hilangnya kolom penilaian aspek keterampilan. Sehingga guru lebih terfokus kepada penilaian aspek pengetahuan dalam bentuk penilaian sumatif dan formatif.

Perubahan lainnya yaitu dihilangkannya aspek penilaian tengah semester. Sehingga dalam nilai akhir hanya terdapat kolom muatan pelajaran, nilai, dan deskripsi capaian kompetensi.

See also  5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Oppo

Istilah kompetensi dasar menjadi tujuan pembelajaran, dimana nantinya akan menjadi bagian lingkup materi yang deskripsinya akan muncul dalam nilai akhir.

Nilai asesmen formatif diambil dari penilaian harian yang dilakukan per tujuan pembelajaran. Sedangkan nilai asesmen sumatif didapatkan dari hasil tes per lingkup materi. Hasil kegiatan penilaian akhir semester menjadi asesmen sumatif akhir semester.

Download Aplikasi Rapor Intrakulikuler Format Excel

Silahkan download secara gratis format aplikasi rapor intrakulikuler sekolah penggerak jenjang SD/MI sederajat berikut ini. Aplikasi yang dibuat oleh instruktur program guru penggerak tahun 2021 ini memiliki dua format.

Format pertama dengan tambahan 2 muatan lokal sedangkan satunya lagi berisi 5 muatan lokal.

Rapor Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Aplikasi raport sekolah penggerak yang kedua adalah rapor P5. Aplikasi rapor proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan instrumen atau alat untuk menilai hasil proyek peserta didik selama satu tahun berdasarkan tema yang telah dipilih dan dilaksanakan.

aplikasi raport sekolah penggerak

Rapor ini hanya dibagikan sekali dalam setahun kepada peserta didik, beda dengan rapor intrakulikuler. Komponen utama yang harus diperhatikan dalam format rapor sekolah penggerak ini yaitu:

  • Identitas sekolah
  • Data siswa
  • Deskripsi proyek
  • Catatan proses
  • Nilai tiap proyek

Sebagaimana yang termaktub dalam Kepmen No 262/M/2022 perihal tema yang boleh dipilih dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Sekolah diberikan kewenangan untuk menentukan tema apa yang akan dijadikan proyek berdasarkan karakteristik sekolah dan peserta didik.

Download Aplikasi Rapor Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Format Excel

Silahkan unduh secara gratis format aplikasi raport sekolah penggerak proyek P4 berbasis Ms. Excel melalui tautan berikut ini.

See also  Cara Membuat Infografis untuk Bisnis dengan Canva

Akhir Kata

Demikian informasi terkait dengan aplikasi raport sekolah penggerak format excel yang diharapkan dapat membantu guru dan wali kelas dalam mengelola laporan hasil belajar peserta didik di satuan pendidikan masing-masing.