Apa itu Canva? Manfaat dan Fitur yang dimilikinya

Posted on

Apa itu canva? – Canva adalah sebuah platform desain online yang memudahkan pengguna untuk membuat desain grafis yang menarik tanpa harus memiliki keahlian desain profesional. Dengan banyaknya fitur yang disediakan, Canva dapat membantu Anda dalam membuat logo, kartu nama, poster, sampul media sosial, dan masih banyak lagi.

Manfaat utama dari Canva adalah kemudahannya dalam menggunakan platform ini. Anda tidak perlu memiliki latar belakang desain untuk dapat membuat desain yang menarik dan profesional.

Apa itu Canva?

Canva menyediakan ratusan template desain yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk membuat desain Anda sendiri. Anda juga dapat mengatur ukuran desain sesuai dengan kebutuhan, sehingga desain Anda dapat digunakan di berbagai media, seperti website, media sosial, atau cetak.

Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai macam elemen desain yang dapat Anda gunakan dalam desain Anda, seperti gambar, ilustrasi, font, dan lainnya. Anda dapat menggunakan elemen desain ini sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas Anda untuk membuat desain yang unik dan menarik.

Selain kemudahan dan banyaknya fitur yang disediakan, Canva juga memiliki komunitas yang aktif dan membantu. Anda dapat bergabung dengan komunitas Canva untuk bertanya dan berdiskusi dengan pengguna lain tentang desain dan teknik desain. Anda juga dapat mengikuti tutorial desain yang disediakan oleh Canva untuk meningkatkan kemampuan desain Anda.

Fitur-Fitur Yang Dimiliki Oleh Canva

  • Template desain yang siap pakai
  • Elemen desain seperti gambar, ilustrasi, font, dan lainnya
  • Pengaturan ukuran desain sesuai kebutuhan
  • Fitur-fitur editing seperti crop, filter, dan lainnya
  • Koleksi desain premium yang dapat Anda gunakan secara gratis
  • Komunitas aktif yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan desain
  • Tutorial desain yang disediakan oleh Canva.

Apa Kelebihan Canva

Kelebihan utama dari Canva adalah kemudahannya dalam menggunakan platform ini. Anda tidak perlu memiliki latar belakang desain untuk dapat membuat desain yang menarik dan profesional. Canva juga menyediakan ratusan template desain yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk membuat desain Anda sendiri.

Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai macam elemen desain yang dapat Anda gunakan dalam desain Anda, sehingga Anda dapat membuat desain yang unik dan menarik sesuai dengan kreativitas Anda. Canva juga memiliki komunitas aktif yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan desain Anda.

Apa Kekurangan Canva

Salah satu kekurangan dari Canva adalah terbatasnya pilihan template desain yang tersedia di platform ini. Beberapa template desain mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain Anda, sehingga Anda perlu melakukan modifikasi sendiri untuk menyesuaikan desain dengan kebutuhan Anda.

See also  Membuat Desain Undangan Pernikahan dengan Canva

Selain itu, Canva juga tidak menyediakan fitur desain yang terlalu detail dan rumit. Jika Anda memiliki keahlian desain profesional dan ingin membuat desain yang lebih kompleks, Anda mungkin perlu menggunakan software desain lain yang lebih kompleks.

Terlepas dari kekurangan tersebut, Canva masih merupakan platform desain yang bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain grafis yang menarik tanpa harus memiliki keahlian desain profesional. Dengan fitur-fitur yang disediakan, Anda dapat membuat desain yang unik dan profesional dengan mudah dan cepat.

Cara Mendapatkan Canva Pro Gratis

Apa itu canva

Untuk mendapatkan Canva Pro secara gratis, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi Canva dan daftarkan akun Anda.
  2. Pilih opsi “Upgrade to Canva Pro” di menu utama.
  3. Klik tombol “Start 30-day free trial” untuk mulai menggunakan Canva Pro secara gratis selama 30 hari.
  4. Masukkan informasi pembayaran Anda, tetapi jangan khawatir karena Anda tidak akan dikenakan biaya apapun selama periode trial.
  5. Selesai. Anda dapat menggunakan semua fitur Canva Pro secara gratis selama 30 hari.

Sebagai catatan, setelah periode trial berakhir, Anda akan dikenakan biaya jika ingin terus menggunakan Canva Pro. Jika Anda tidak ingin dikenakan biaya, Anda dapat membatalkan langganan Canva Pro sebelum periode trial berakhir.

Cara Mendapatkan Canva For Education

Untuk mendapatkan Canva for Education, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs resmi Canva dan daftarkan akun Anda.
  2. Klik tombol “Learn More” di halaman Canva for Education.
  3. Isi formulir aplikasi Canva for Education dengan menyertakan informasi mengenai sekolah atau institusi pendidikan Anda.
  4. Tunggu email konfirmasi dari Canva yang menyatakan bahwa akun Anda telah diterima dan mendapatkan akses ke Canva for Education.
  5. Selesai. Anda dapat login ke akun Anda dan mulai menggunakan Canva for Education untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah atau institusi pendidikan Anda.

Sebagai catatan, Canva for Education hanya tersedia untuk pendidik dan institusi pendidikan, sehingga Anda perlu memastikan bahwa akun Anda terdaftar sebagai pendidik atau institusi pendidikan untuk dapat mengajukan aplikasi Canva for Education.

Update: Akhir tahun 2022, Canva telah memberikan akses gratis untuk Canva for education bagi semua pengguna/pemilik akun email belajar.id. Mereka hanya perlu login dengan menggunakan email masing-masing dan otomatis akan mendapatkan akun canva for education.

Apa Perbedaan Canva Pro Dengan Canva For Education

Canva For Education

Canva Pro adalah versi premium dari Canva yang menyediakan fitur dan elemen desain lebih banyak dan lengkap dibandingkan versi gratisnya. Canva Pro juga menyediakan akses ke desain premium yang dapat Anda gunakan secara gratis dalam desain Anda.

See also  5 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Sedangkan Canva for Education adalah versi khusus dari Canva yang disediakan untuk pendidik dan institusi pendidikan.

Canva for Education menyediakan fitur dan elemen desain yang sama dengan Canva Pro, tetapi ditujukan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah atau institusi pendidikan. Canva for Education juga menyediakan fitur kolaborasi yang dapat membantu pendidik dan siswa untuk bekerja sama dalam pembuatan desain.

Secara umum, perbedaan utama antara Canva Pro dan Canva for Education adalah tujuan penggunaan dan fitur yang disediakan. Canva Pro lebih ditujukan untuk pengguna biasa yang ingin membuat desain grafis yang menarik, sedangkan Canva for Education lebih ditujukan untuk pendidik dan institusi pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar.

Bagaimana Cara Mengakses Canva Di Android

Untuk mengakses Canva di perangkat android, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka Play Store di perangkat android Anda.
  2. Cari aplikasi Canva dengan menggunakan kolom pencarian.
  3. Klik tombol “Install” untuk menginstall aplikasi Canva di perangkat android Anda.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai.
  5. Buka aplikasi Canva yang telah terinstall di perangkat android Anda.
  6. Masukkan email dan password akun Canva Anda untuk login ke akun Anda.
  7. Selesai. Anda dapat mulai menggunakan Canva di perangkat android Anda untuk membuat desain grafis yang menarik.

Sebagai catatan, jika Anda belum memiliki akun Canva, Anda dapat mendaftarkan akun baru dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan di aplikasi Canva di perangkat android Anda.

Canva App For Windows

Canva App For Windows

Canva juga menyediakan aplikasi untuk sistem operasi Windows. Anda dapat mengakses aplikasi Canva untuk Windows melalui Microsoft Store atau situs resmi Canva.

Untuk mengakses aplikasi Canva di Windows, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka Microsoft Store di perangkat Windows Anda.
  2. Cari aplikasi Canva dengan menggunakan kolom pencarian.
  3. Klik tombol “Get” untuk menginstall aplikasi Canva di perangkat Windows Anda.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai.
  5. Buka aplikasi Canva yang telah terinstall di perangkat Windows Anda.
  6. Masukkan email dan password akun Canva Anda untuk login ke akun Anda.
  7. Selesai. Anda dapat mulai menggunakan Canva di perangkat Windows Anda untuk membuat desain grafis yang menarik.

Sebagai catatan, jika Anda belum memiliki akun Canva, Anda dapat mendaftarkan akun baru dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan di aplikasi Canva di perangkat Windows Anda.

Penutup

Dengan semua kelebihan yang ditawarkan, Canva merupakan platform desain online yang sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain grafis yang menarik tanpa harus memiliki keahlian desain profesional. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain yang unik dan profesional dengan mudah dan cepat.

Semoga dengan informasi ini dapat memberikan wawasan tentang apa itu canva dan bagaimana menggunakannya.