8 Poin Penting dalam SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan PPDB

Poin Penting dalam SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2021

bataraguru.com – Menjelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2021/2022, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan PPDB. Hal ini agar pelaksanaan PPDB di seluruh wilayah Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

Dalam SE Menteri Nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan PPDB, terdapat 8 poin penting yang perlu diperhatikan oleh seluruh satuan Pendidikan yang akan melaksanakan penerimaan peserta didik baru tahun ini. Berikut petikan ke 8 poin penting tesebut:

Sehubungan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB)  tahun ajaran  2021 /2022, diminta perhatian  Saudara sebagai berikut:

1. Menyusun petunjuk teknis PPDB yang ditetapkan dalam bentuk Peraturan Kepala  Daerah,  dengan berpedoman pada Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  1   Tahun 2021  tentang Penerimaan Peserta Didik Baru   pada  Taman   Kanak-Kanak,   Sekolah  Dasar,   Sekolah  Menengah Pertama,  Sekolah Menengah Atas,  dan Sekolah Menengah Kejuruan;

2. Menyebarluaskan  ketentuan  petunjuk  teknis  PPDB   yang diatur  dalam Peraturan Kepala  Daerah  sebagaimana  dimaksud  pada angka  1   kepada seluruh  sekolah dan masyarakat  paling  lambat  2  (dua)  minggu sebelum pengumuman pendaftaran PPDB;

3. Menetapkan Peraturan Kepala Daerah  sebagaimana dimaksud pada angka 1   setelah  mendapat surat fasilitasi dari:

a.      Kementerian  Dalam Negeri   untuk Peraturan Gubernur;  dan

b.      Gubernur    sebagai   Wakil    Pemerintah     Pusat   untuk    Peraturan Bupati/ Walikota.

4. Wajib  menyampaikan  Peraturan  Kepala  Daerah  sebagaimana  dimaksud pada angka 1  kepada:

a.      Menteri  Dalam  Negeri untuk Peraturan Gubernur;

b.      Gubernur     sebagai     Wakil    Pemerintah     Pusat   untuk    Peraturan Bupati/Walikota;  dan

c.      Menteri  Pendidikan dan  Kebudayaan  melalui  unit  pelaksana teknis Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  yang  membidangi penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

5. Menetapkan zonasi dengan melibatkan:

a.      dinas kependudukan dan pencatatan sipil setempat;  dan 

b.      musyawarah atau kelompok kerja kepala  sekolah, 

6. Dapat    melibatkan    satuan    pendidikan   yang   diselenggarakan   oleh masyarakat dalam pelaksanaan PPDB  setelah berkoordinasi dengan badan penyelenggara dan diprioritaskan bagi satuan  pendidikan yang menerima dana bantuan operasional sekolah dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah dan/ atau bentuk bantuan dana alokasi khusus  lainnya;

7. Memastikan  seleksi calon  peserta didik baru kelas 1   ( satu)  sekolah dasar tidak melakukan tes membaca,  menulis, dan berhitung;  dan

8. Memastikan  sekolah di  wilayah  kerja  Saudara  tidak melakukan tindakan jual beli  kursi/ titipan peserta didik/ pungutan liar/ tindakan lain yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian Surat  Edaran Menteri  ini  disampaikan  untuk menjadi  perhatian  dan dilaksanakan  sebagaimana mestinya. Selengkapnya dapat dilihat dan diunduh melalui tautan berikut ini.

Nah, itulah informasi terkait dengan 8 poin penting dalam SE Mendikbud nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPDB 2021. Semoga bermanfaat buat sahabat MediaEdukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *